Anniversary Super Junior 15 Tahun Debut

super junior

6 November 2005 – 6 November 2020

Annyeong chingudeul.
Uri-neun ELF… Wiyayooo!

Siapa yang di sini juga ELF (Ever Lasting Friend) nya Super Junior? Pasti tahu doonk… bulan ini adalah bulan-bulannya Suju. Di tanggal 6 November tahun 2005 resmi Super Junior debut untuk pertama kalinya sebagai asuhan SM Entertainment generasi kedua setelah generasi pertamanya yaitu H.O.T dan TVXQ.

Boygroup : Super Junior (슈퍼주니어) Syupeo Junieo

Sejarah Super Junior

Anniversary Super Junior 15 Tahun Debut
Leeteuk, Shindong, Donghae, Ryeowok, Eunhyuk, Kyuhyun, Heechul, Siwon, Yesung

Awal terbentuknya Super Junior sempat di anak tirikan sama pendiri SM Ent., Lee Soo Man seonseng-nim. Karena mereka adalah anak-anak trainee yang dibentuk dari sisa-sisa grup dan juga masa trainee dari masing-masing personil yang tergolong lama. Bahkan Leeteuk, sang leader-nim Super Junior melewati masa trainee selama 7 tahun sebelum debut.

Twins (2005) – Album pertama Super Junior yang berisikan 11 lagu. Lagu perdana yang mereka lempar ke pasar berjudul “Miracle” dan lagu inilah yang jadi taruhan. Bila album ini gagal, maka Super Junior akan dibubarkan, begitu kisah Leeteuk ketika di wawancarai. Dan uniknya, dengan tekanan sebegitu berat, Leeteuk tidak menceritakan kisah ini kepada siapapun.

Ternyata, Miracle dicintai penikmat KPop waktu itu, namun belum BOOM tembus menjadi hallyu wave, maka dilemparlah lagu kedua Twins.

Kekkekee~ masih pada polos yaa… Di sini Super Junior masih dengan formasi lengkap yaitu 12 anggota, perlu disebutin? Perlu yaa…
Leeteuk, Heechul, Han Geng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook dan Kibum.

Don’t Don (2007) hadir 2 tahun kemudian dan sukses bikin para ELF panas-dingin karena lagunya yang up-beat. Dan tahu gak…kalau lagu Don’t Don ini adalah lagu kritikan tentang dunia yang hanya dipenuhi dengan “pengaruh” uang, uang, uang (don don don).

Setuju sama mereka?
Cuuss…nyanyi bareng.

Dari sini, keliatan banget “warna” suara masing-masing personil yaa..
Terutama nge-rapnya Eunhyukie…dan permainan biolanya Henry, uhh!

Sorry, Sorry (2009) diluncurkan 2 tahun kemudian daaaann BOOM! Berkat lagu ini, hallyuwave mendunia. Dari sini Super Junior mulai banyak manggung yang diberi nama SuperShow.

Penghargaan demi penghargaan diraih dan bahkan lagu Sorry, Sorry bertengger selama 36 minggu di posisi #1 Korea/Japan Single Top 100 Chart juga menjadi artis KPop pertama yang memasuki tangga lagu Billboard dan yang paling membanggakan adalah Eunhyuk dan Kyuhyun mendapat kehormatan memberikan kuliah khusus di Universitas Oxford.

Yeeaah, lagu sepanjang masanya Suju. Bahkan Siwon mengaku kalau Sorry, Sorry adalah salah satu lagu favoritnya hingga kini.

Bonamana (2010) hadir setahun kemudian setelah Sorry, Sorry. Dan SuperShow 3 dan 4 dilakukan tanpa henti. Kebayang gak gimana capeknya uri oppa-deul tur keliling dunia?

Dan karena di masa-masa keemasan inilah personil Suju mendapat schedule yang super padat dari mulai bintang iklan, MC, penyiar radio, variety show sampai masuk dunia akting.

Siapa yang nonton We Got Married?
Nah…di tahun 2010 akhir hingga 2011 personil Suju, Leeteuk menikah (virtual) dengan Kang Sora. Sebelumnya, Heechul dengan Puff Guo (Xue Fu) dari China dan Siwon dengan Liuwen, supermodel dari China juga. Karena baik Heechul maupun Siwon join di We Got Married Global.

Dan di tahun-tahun inilah personil Suju mulai hiatus satu per-satu karena harus menjalankan tugas negara alias wamil. Dari mulai Heechul, Leeteuk, hingga yang terakhir, uri maknae, Kyuhyun. Dan membutuhkan waktu 10 tahun untuk bisa kumpul bersama lagi dan akhirnya comeback di album ke 10.

Mr. Simple (2011) menjadi album ke 5 dan menjadi hits lagi di dunia, lalu Sexy, Free & Single (2012) dan Mamacita (2014).

Apa Suju gak pernah insecure karena SM Ent. selalu regenerasi?
Pernah doonk…apalagi dengan beberapa kasus yang membuat beberapa personilnya mengundurkan diri dari format OTP-12. Sedih banget siih..

**siapa yang kangen sama OTP-12+3?

Belum lagi kejadian seperti skandal, kecelakaan Heechul (yang akibatnya sampai sekarang Mak Hee gak boleh terlalu capek) juga meninggalnya Ayah Leteuk. Berbagai macam badai udah pernah dilewatin sama uri Oppa-deul, kayanya…
((BANGGA))

**Fun Fact : Pernah ada kejadian lucu, yang sampai sekarang masih diingat ELF dan dinamain Incheon Battle. Incheon Battle adalah peristiwa ketika Heechul dan Leeteuk berantem. Wkkwkk~
Kalau tahu kenyataan bahwa mereka hanya beda 9 hari kelahiran, pasti sifat mereka sama banget. Sama-sama gengsian. Seberapa parah Suju kalo berantem?
Don’t even imagine!

Suju’s come back di tahun 2017 dengan album PLAY dengan tracknya yang fresh banget. Black Suits. Dan seperti biasa, Suju gak pernah mengecewakan ELF dalam hal konsep MV dan musikalitas. Di sini, terlihat sekali uri oppa-deul semakin dewasa.

Kalau liat video dance versionnya, bakalan lebih terpana deeh… Suju masih so energic!

Lalu setahun setelahnya Suju release REPLAY The 8th Repackage Album doonk… ketambahan 4 lagu, termasuk lagu nuansa Latino, Lo Siento duet bareng penyanyi Latin, Leslie Grace.

Namun sayangnya, di album Repackage ini, Heechul gak bisa ikutan nyanyi dan dance, hanya jadi model di MV Lo Siento. Jadi hanya ada 6 personil. Dan Ryeowok juga Kyuhyun belum beres wamil, gengs..heuheu~ keliatan banget kosongnya hatiku formasi dance Suju.

Seolah gak mau kalau sama adik-adiknya di SM Ent., Suju pun mengeluarkan album lagi di tahun 2019 yang berjudul Time Slip (2019). Ini keren banget loo… MV dance mereka ada motionnya gitu… Bikin makin cinta sama semangat oppa-deul dalam mengonsep semuanya.

Heraan….makin tuwir, makin energic!

Lalu muncullah album Timeline Special Album (2019) dan Timeless Repackage Album (2020). Yeaay~

15 Tahun Debut Super Junior

Anniversary Super Junior 15 Tahun Debut

Ditandai dengan rencana album baru di bulan Desember, maka teasernya sudah keluar niih.. Bahkan singlenya The Melody resmi launch tanggal 6 November 2020 jam 6 KST.

Penasaran?
Lembut banget… Jadi inget…ini memang lagu yang diciptakan di 15 tahun langkah kami bersama. SUPERJUNIOR & ELF.

#슈퍼주니어 #우리에게 #TheMelody #15thAnniv_WalkTogether #달려온15주년_손잡고걸을까

The Melody MV so sweet~

Pas banget yaa..
Gak bisa move-on dari drama tentang masa mudanya Park Bo-gum terus muternya The Melody Super Junior. Uwwhh~

Album : 우리에게 (The Melody)
Year : 2020
Song : 우리에게 (The Melody) (Translasi Indonesia)

Lyric Indonesia The Melody Super Junior :

(Siwon) Setiap langkah ini adalah sesuatu yang berharga
Saat-saat penuh gairah tanpa rasa takut
(Yesung) Bahkan dunia yang dulunya terasa sulit
Melihat kembali masa-masa pelatihan, hanya teringat waktu yang indah

(Leeteuk + Heechul) Kami bertemu saat belum menjadi apa-apa
Di malam hari, kami bernyanyi mengenai keabadian, tidak hanya kenangan
Ingatkah kamu mengenai lagu-lagu penuh semangat?
Lagu ini hanya kamu dan aku
(Kyuhyun) Melodi kita dari sejak awal kebersamaan

(Yesung) Melodi kita..

(Donghae) Oh…tapi ada banyak hari kami merasa cemas
Kami melindungi diri kami sendiri karena kami bersama-sama
(Ryeowok) Ada saatnya kami juga ingin menyerah dengan segalanya
Kami berakhir dengan We Are One!

(Donghae+ Eunhyuk) Kami bertemu saat belum menjadi apa-apa
Di malam hari, kami bernyanyi mengenai keabadian, tidak hanya kenangan
Ingatkah kamu mengenai lagu-lagu penuh semangat?
Lagu ini hanya kamu dan aku
(Heechul) Melodi kita dari sejak awal kebersamaan

(Ryeowok) Oh~
Melodi kita..

(Yesung) Ingatlah lebih banyak masa depan daripada masa yang telah berlalu
Kita akan selalu bersama
(Leeteuk) Meskipun semua di dunia ini berubah
dan waktu berakhir
(Kyuhyun) Hanya ada satu hal yang tidak akan pernah berubah

(Shindong + Siwon) Aku tidak pernah tahu akan seperti apa hari esok
Tapi, jika aku bersamamu, aku akan bernyanyi
Dengan bintang biru yang berkerlap-kerlip di depan mataku
Lagu ini, hanya untukmu dan aku tahu
Melodi ini hanya untuk kita~

(Ryeowok) Melodi ini..
(Kyuhyun) Aku berharap kamu bernyanyi bersamaku..

(Yesung) Melodi ini..
(All) Aku berharap kamu bernyanyi bersama~

(Kyuhyun) Melodi~
(Ryeowok) Melodi ini…

**terharu yaa..gak terasa perjalanan bersama Suju dan ELF udah 15 tahun. Bahkan uri oppa-deul sangat menjaga perasaan ELF saat kabar-kabar dating mereka beredar.

Terakhir,
Dukung terus Super Junior yaa… meski saat ini belum bisa nonton Super Shownya, tapi percaya uri oppa-deul sedang menyiapkan banyak hal untuk ELF. Seperti album baru di bulan Desember, variety show Super TV dan program dari masing-masing channel personilnya. Hihii~

Yang pasti, kalo nonton acara Super Junior suka geleng-geleng kepala. Eottokegokils dan cute bercampur jadi satu?? Suju memang very entertaining!

Anniversary Super Junior 15 Tahun Debut

안녕히 가세요~
annyeonghi gaseyo

lendyagasshi

lendyagasshi

Content writer, menulis aktif di blog https://www.lendyagasshi.com.
K-drama addict and book lovers.

Baca Juga

24 Komentar

  1. Kereeenn…. SuJupedia!!

  2. Pertama tau SuJu gara2 suka lagu No Other. Abis itu ngikutin lagu2 hits’y, tapi bukan yg elf2 banget juga. Elf jadi2an! Wkwk. Still, chukkae SuJu utk 15 th debut’y! Daebak!!

  3. Infonya keren banget 👍. Saya bukan ELF tapi saya tahu dan suka sama beberapa lagunya Super Junior. Baru tahu kalau ternyata formasi SuJu dibentuk dari anggota sisa trainee dan masa trainee yang panjang. Tapi ya namanya takdir dan rezeki nggak ada yang tahu ya, emang takdir mereka jadi terkenal 😁.

  4. EH astagaaa…dah belasan tahun ternyata ya, makin ke sini malah makin ok mereka. Meski bukan fans mereka tapi aku akui memang mereka keren, wajar sih jd sangat terkenal. BTW pasti tabungan mereka dah banyak ya heheee…kok aku malah jadi ingat tabungan 😀

  5. Widih,, terciduk ELF yang punya blog khusus korea nih, hahahaha. Anyway, memang karya SuJu itu iconic banget, solid dan tetap eksis meski sudah belasan tahun. Setiap member saya lihat makin mendewasa dengan karakter masing-masing, makin dewasa, tapi yang konyol-konyol tetap ada, namun dengan porsi yang terkontrol. Bicara masalah heechul-teeuk mah, saking bertolak belakang nya mereka, sampai mereka jadi start-guestnya du Running Man yang khusus bahas mereka yang bertolak belakang sifat, cuma saya lupa episode berapa. Hahahaha

  6. Suju dan Bigbang adalah 2 grup idol yang pertama kali saya kenal. Oleh karena itu, senang rasanya penyemangat saya di kala muda masih bisa sukses sampai sekarang. Tentu saja prestasi mereka, akan jadi penyemangat bagi saya juga. Selamat ulang tahun Suju (✷‿✷)

  7. garis keras elf nih kayanya , btw mereka tuh jadi role model bangeut lah buat perkipopan , btw sekng mereka aktip bangeut lho ka di tiktok , di vlive , dan seperti nya karena udah dewasa ya , berubah jadi ngelawak semua ,selalu membuat tertawa,, bagaimana comeback nya ?

  8. Ku mulai kenal boyband Korea tuh tahun 2010-an. Terus yang pertama dilihat ya Suju. Sampai sekarang tetep suka meski sudah pada Om-om. Lha gimana wong jadi kesan pertama

  9. Sebagai penikmat drama korea namun bukan fans KPop, aku cuma tahu personel Suju tuh Siwon doang. Eh sama Kyuhyun sih. Soalnya ada temenku yang kekeuh ngaku kalau dirinya mirip Kyuhyun. Padahal yaah gitu deeh🤭

  10. Aku bukan elf. Tapi saking banyaknya penggemar suju di sekitarku aku jadi kecipratan tahu hal2 kecil ttg suju. Btw congrats ya sudah lama bertahan mereka di ranah permusikan korea, dunia bahkan.

  11. Eh? Sudah 15 tahun? Generasi old dong? Kirain masih ABG gitu.
    Aduh ketahuan nggak update serba-serbi Korea.
    Saya sempat perhatikan satu per satu wajahnya juga hanya, oh kayaknya pernah lihat drakornya. Hihihi
    Btw, happy 15th anniversary, untuk Suju dan para fans….

  12. ELF ini benar-benar sudah merasakan tawa dan tangis bareng Suju ya, 15 tahun..keren banget naik turunnya mereka, mereka tetap bertahan karena ELF selalu ada mendukung mereka..suka lagu-lagunya, sering dengerin pas ngetik…

  13. Wah selamat ya super junior Moga kompak selalu deh Dan menghasilkan Karya yang jadi masterpiece

  14. aah memang benar, SUJU terutama lagi sorry sorry itu yang meneguhkan ceileh, cengkraman hallyu di seluruh dunia jadi mantab. Salah satu tonggak penting, sebelumnya wonder girls dan SNSD, skrg adanya Blackpink, EXO dan BTS makin mencengkeram. Mantab memang. Salut konsistensinya Kpop

  15. tak terasa sudah menemani selama 15 tahun dan sudah eksis dengan single single nya yang nemenin kita joged. Suju dan ELF pasti gede gedean nih perayaannya

  16. ternyata dari tahun 2005, kirain dari 2009an gitu haha pantas lama sekali ya sudah 15 tahun. SuJu ini boyband korea yg sangat digemari pada awal tumbuhnya kpop di Indonesia, paling kenal sama SiWon haha. kemarin pas ramai juga di timeline perayaan ini

  17. Mr. Simple dan Sorry Sorry aku paling ngerti hahaha
    Aku herane Suju nih masih terus eksis walau usia mereka gak muda lagi yaa, bukti bahwa karyanya emang oke hehe
    Keren banget 15 tahun 😀

  18. Ini beneran kaya baca biografi singkat suju ya. Aku meskipun bukan elf tapi aku tau lagu2 hallyu nya itu, saking terkenalnya kali ya aku jd dengar dimana2 dan tau dikit2 soal suju.

  19. Haooy 15th Anniversary Suju
    Aku suka banget kalau nontonin kegiatan SuJu saat ada event, atau games gitu. Apalagi part bareng Red Velvet. Ah, semuanya ding, hahahaa. Dulu awal2 tahu lagumya SuJu dari Mr. Simple, lanjut2 banyak deh yg suka smpe skrg

  20. satu-satunya kpop Korea yang saya kenal adalah Suju, entah kenapa meski tidak mengenal mereka dengan baik alias bukan fans yang kenal sama lagu-lagu mereka, tapi nama mereka begitu lekat di telinga saya, mungkin karena teman-teman saya fans berat mereka jadi mereka sering menyebut nama mereka, wah ga berasa udah 15 tahun aja ya mereka

  21. Aku tahu SUJU pas ada acara di TV.
    Mereka jadi pengisi acara TV Indonesia.

    … lalu bertaburlah histeria.
    Termasuk dari artis-atis Indonesia.

    Saat itu yang bisa aku rangkum dan terpikirkan, wow, pastilah SUJU ini Boyband fenomenal, bahkan artis hits Indonesia ikut histerikal!

  22. Suju ini adalah salah satu boyband Korea yg kuingat. Ga kerasa mereka udah 15 taun debut jadi semacam pembuka jalan buat yg lain

  23. Luar biasa ya. Perjalanan dan perjuangan yang bikin haru. Suju emang keren. ELF nya juga luar biasa dalam mendukung dan mengambil perannya

  24. Aku dulu sempat ngikutin suju pas zaman kuliah karena temen barengan skripsi ku nonton suju. Hehe. Tapi setelah itu ya bablas. Ternyata sampai sekarang 15 tahun kemudian masih eksis dan makin sukses ya. Mantap deh suju pantas jadi idola

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Me!
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: