BIJAK DALAM BERKARIR: Review K-Drama Misaeng: Incomplete Life (2014)

안녕하세요 친구들~

Hi, chingudeul~ Pernah ga sih kalian ngerasa atasan kok ga peduli ya sama aku atau kok aku cuma dikasih kerjaan remeh amat sih (?) Dan segudang pertanyaan lain yang bikin kalian pingin buru-buru keluar aja dari tempat kerja kalian… Eits~ Arra mau bahas kegalauan itu berdasar K-drama Misaeng: Incomplete Life. Kuy~ simak pembahasan kali ini ^^

Profil K-Drama “Misaeng: Incomplete Life” (2014)

Poster Kdrama Misaeng - Incomplete Life (2014)
Poster Misaeng – Incomplete Life (tvN)
  • Judul : Misaeng: Incomplete Life,
    Hangul (한글) : 미생 – 아직 살아 있지 못한 (RR: Misæng – Ajik Sara Issji Mœthan Ja)
  • Sutradara : Kim Won-Seok
  • Jaringan Asli : TVN
  • Tanggal Tayang Asli : 17 Oktober – 20 Desember 2014
  • Jumlah Episode : 20 Episode

Cast :

  • Im Si Wan sebagai Jang Geu Rae
  • Kang Sora sebagai Ahn Young Yi
  • Kang Ha neul sebagai Jang Baek Gi
  • Lee Sung Min sebagai Oh Sang Shik
  • Kim Dae Myung sebagai Kim Dong Shik

Sinopsis K-Drama “Misaeng: Incomplete Life” (2014)

Drama ini berkisah tentang proses anak-anak magang di perusahaan besar bernama One International yang bergerak di bidang perdagangan. Salah satu karakter yang disoroti di drama ini adalah Jang Geu Rae. Seseorang yang cuma punya ijazah Paket C, bisa masuk ke perusahaan besar karena koneksi. Ga heran dia sempat dikucilin pemagang lainnya, diremehin pula sama seniornya (pak Kim) di Tim 3 Penjualan. Bahkan manajer Oh Sang Shik pun enggan mengajarkan hal-hal dasar yang seharusnya dikerjakan Jang Geu Rae. Selain seorang pekerja keras, beliau juga seorang yang sangat idealis. Berkat ketulusan serta kegigihannya, dia pun terpilih menjadi pegawai dan kembali bergabung di tim 3 penjualan, bersama pak Oh dia pun mulai ada peningkatan.

Ada juga Ahn Young Yi, satu-satunya wanita magang yang berhasil lolos seleksi pegawai. Saat magang dia sempat jadi buah bibir karena keterampilannya berbahasa asing serta kinerjanya yang apik. Namun hal tersebut ga bikin karirnya mulus bebas hambatan.  Di Tim SDM dia mengalami diskriminasi gender dari senior yang mayoritas pria. Dianggap performanya ga akan seimbang dan bisa jadi masa baktinya bakalan singkat; bakal menikah, cuti hamil dan lain sebagainya.

Kang Ha Neul dan Kang So-Ra di Misaeng-Incomplete Life (tvN)
Kang Ha Neul dan Kang So-Ra di Misaeng-Incomplete Life (tvN)

Selain itu ada pula Jang Baek Gi. Di mata Arra sosok ini cukup menarik untuk dibahas pada kesempatan kali ini. Bukan karena visualnya lho, ya~ Tapi karena sikap kerjanya saat pertama masuk ke Tim Baja. Berhubung baru nonton di pertengahan episode ke 9, kayaknya bakal kurang lengkap nih pembahasannya. Walau demikian, kita bahas dulu problem yang satu ini…

BIJAK DALAM BERKARIR:

Dari kasus yang dialami Jang Baek Gi kita bisa belajar kenapa sih manajer timnya seolah ga peduli sama dia.

1. Fokus Sama Diri Sendiri (Arogan)

Di hari pertama Jang Baek Gi udah nyodorin proposal bisnis ke manajer tim. Padahal dia baru aja gabung lho~ Sikap kayak gini bisa dibilang arogan. Karena sudah sepatutnya orang baru itu mempelajari alur kerja di bagian timnya, baca-baca dokumen yang relevan dan hal-hal mendasar lainnya. Sekalipun hal tersebut sudah dipelajari sewaktu magang, bukan berarti dia bisa skip gitu aja.

2. Ga Mau Kalah (Egois)

Jang Baek Gi merasa dunia kerja itu adalah kompetisi, siapa yang lebih unggul dialah pemenangnya. Faktanya kerja tuh harus sesuai porsi. Adaptasi sama rekan lainnya aja ga mau, merasa harus menonjol diantara yang lainnya pula. Sikap kayak gini tuh biasa disebut egois. Dia ngebandingin pola kerja manajer Tim Baja dengan manajer dari tim yang lain. Jika kita tengok sebentar menurut ucapan si manajer;

“Baja adalah bisnis konservatif, dimana proyek harus disesuaikan pada bisnis sedikit demi sedikit untuk waktu jangka panjang.”

Manajer Tim Baja

Dari situ sudah sangat jelas, kalo tiap bagian memiliki progres yang berbeda. Ga bisa disama ratakan, meski berada di perusahaan yang sama sekalipun.

3. Gegabah dalam Bertindak (Emosian)

Ngerasa diremehin dan ga dianggap bikin Jang Baek Gi tertarik sama tawaran perusahaan lainnya. Ketua tim yang sempet liat dia hendak kirim letter dan resume pun cuma bisa berpesan sebijak mungkin. Di kesempatan lainnya beliau ga sengaja lagi liat bawahannya ketemu sama orang dari perusahaan lainnya, ketemuannya pun masih di area dekat gedung perusahaan. Saking gegabah atau nurutin emosi sesaat bisa banget bikin seseorang bertindakan asal-asalan.

Gimana kelanjutannya… Apa Jang Baek Gi bakal beneran berhenti dan pindah ke perusahaan lainnya. Penasaran ga nih? Kalo penasaran kalian bisa tonton secara gratis di aplikasi legal seperti iQiyi lho. Selamat menonton ^^

Im Si Wan dan Kang Ha Neul di Misaeng-Incomplete Life
Im Si Wan dan Kang Ha Neul di Misaeng-Incomplete Life (tvN)

PENUTUP

Dari kasusnya Jang Baek Gi yang bisa digaris bawahi adalah gimana caranya kita bisa bijak dalam berkarir. Jangan karena emosi sesaat bikin keputusan yang gegabah. Emang sih, kalo ga kerja di perusahaan A kita bisa kok pindah ke perusahaan B. Tapi yakin ga~ kalo kalian ga bakal nemuin permasalahan yang sama. Akhir kata… Seandainya kalian ada di posisinya Jang Baek Gi, gimana cara kalian menyelesaikan masalah tersebut?

감사합니다 여러분~ 다음에 또 만나요 ^^

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: