IG Live “Annyeonghaseo Chingudeul”: Remaja, Prestasi, dan KPOP

Annyeonghaseyo Chingudeul,

Tahukah kamu setiap tanggal 12 Agustus diperingati sebagai Hari Remaja Internasional? Peringatan ini diawali dari rekomendasi hasil World Conference of Ministers Responsible for Youth pada 1998.

Hari Remaja Internasional diperingati sebuah wujud peran remaja dalam kehidupan bermasyarakat. Remaja dapat menjadi mitra penting dalam mewujudkan upaya global dalam berbagai permasalahan.

Dalam rangka memperingati Hari Remaja Internasional ini, Drakor Class mengadakan Live IG bareng dua remaja kece masa kini. Kapan? Catat tanggal mainnya ya:

Hari/Tanggal: Jumat, 13 Agustus 2021

Waktu: 19:30 – selesai

Narsumber: Raka – Mama Shanty, Meta – Mama Aan

Sejarah Hari Remaja Internasional

Berdasarkan informasi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sejarah Hari Remaja Internasional ini bermula dari rekomendasi hasil World Conference of Ministers Responsible for Youth yang diselenggarakan di Lisbon pada 8-12 Agustus 1998.

Majelis Umum PBB pun mengesahkan 12 Agustus sebagai Hari Remaja Internasional dalam resolusi 54/120 Tahun 1999. Kegiatan informasi publik direkomendasikan untuk dilaksanakan demi mendukung peringatan Hari Remaja Internasional, yang juga bertujuan mempromosikan Program Aksi Dunia untuk Pemuda, yang diadopsi oleh Majelis Umum PBB dalam resolusi 50/181 pada tahun 1995.

Dalam Resolusi Dewan Keamanan 2250 tentang Pemuda, Perdamaian, dan Keamanan, disebutkan adanya kebutuhan untuk melibatkan para pembangun perdamaian muda dalam mempromosikan perdamaian dan melawan ekstremisme, dan dengan jelas memposisikan pemuda sebagai mitra penting dalam menemukan solusi berbagai permasalahan para kaum muda saat ini.

Remaja dan KPOP

Masih ingat fenomena BTS Meal beberapa bulan lalu? Fenomena ini menunjukkan betapa banyak remaja yang menggandrungi KPOP. KPOP adalah sebutan untuk berbagai jenis musik yang datangnya dari Korea Selatan. Jenis musik yang ditawarkan bermacam-macam, mulai dari pop, dance, elctropop, hip-hop, rock, R&B, juga electronik.

Berawal dari musik dan film, menyebarnya demam kebudayaan Korea Selatan di seluruh dunia ini dikenal dengan sebutan Hallyu. BTS, Blackpink, NCT dan lain sebagainya adalah beberapa idol KPOP yang sangat digemari oleh remaja dunia saat ini, tak terkecuali di Indonesia. Para fans KPOP ini biasanya tergabung dalam grup penggemar yang disebut dengan fandom.

Banyak yang menganggap fans KPOP ini berefek negatif. Mulai dari sifat konsumtif hingga memudarkan kecintaan terhadap budaya lokal. Namun ada juga yang menganggap fenomana KPOPers ini juga bisa membuat gerakan positif. Misalnya saja, di tengah membludaknya fenomena BTS Meal, para army, sebutan bagi fans BTS juga melakukan penggalangan dana bagi tukang ojek online yang telah membantu mereka mendapatkan BTS Meal.

Baca Juga : Army Wajib Tahu! Fakta Menarik Lagu Baru BTS

KPOP juga bisa mendorong remaja untuk semangat meraih mimpi dan mengukir prestasi. Remaja dan Prestasi.

Bicara soal prestasi, banyak juga remaja yang punya prestasi gemilang. Masa remaja yang seringkali dianggap hanya hura-hura semata, nyatanya bisa mendorong untuk meraih prestasi.

Contohnya Raka, salah satu narasumber dalam IG Live nanti. Muhammad Raka Arkananta yang merupakan pelajar kelas IX SMPN 28 Bandung ini sempat meraih beberapa prestasi, antara lain :

-Juara 1 Lomba Film Taruna Bakti Problem Solving Competition

-Juara Favorit 1 Lomba Videografi Program Hebat Unpad

Raka suka sekali membagikan konten-konten bermanfaat di intagram pribadinya. Misalnya pendapatnya tentang efektivitas PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Raka bahkan menuliskan profil sebagai konten kreator. Wah khas anak muda zama sekarang ya. Akrab dengan dunia digital.

Selain Raka, akan ada juga Abigail Gabriella Ameta Tarigan, pelajar kelas IX SMP St. Yoseph Pemuda Medan. Pecinta KPOP ini punya segudang prestasi dalam bidang tarik suara.

Baca Juga : Alasan Army Menyukai BTS

Berikut adalah prestasi yang dimiliki oleh Meta :

Solo

  • 2021 Juara 1 Festival dan Lomba Seni Siswa Nasioal (FLS2N) kategori Vokal Solo SMP Tingkat Kota Medan
  • 2021 Juara 1 Lions Club Bandung Go Green Singing Contest
  • 2021 Blind Auditions The Voice Kids Indonesia Season 4 by Global TV
  • 2021 Juara 3 Singing Contest Suara untuk Negeri
  • 2021 Juara 2 Lomba Festival Anak Bertalenta by Talenta Anak Terang
  • 2021 Finalis 10 Besar Olimpiade Seni dan Bahasa Tingkat Nasional Kategori Anak by Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia
  • 2020 Juara 1 Musikantara Christmas Songs Online Festival 2020
  • 2020 Juara 1 Singing Online Competition Kategori Lagu Daerah Tingkat SMP by Bee Creative Management
  • 2020 Juara 1 Singing Online Competition Kategori Lagu Rohani Tingkat SMP by Bee Creative Management
  • 2019 Juara 2 Vocal Competiotion Kategori Anak Transmart
  • 2019 Juara 3 Solo Anak (10-13 tahun) Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) 2019 KOTA MEDAN
  • 2017 Juara 1 Vocal Solo Anak Porseni GBKP Km IV Medan

Vocal Group

  • 2019 Juara 1 Lomba Trio Rohani Christmas Season by Dinas Kebudayaan PEMKO MEDAN
  • 2017 Juara 1 vocal grup O2SN & SENI SD se-KOTA MEDAN by Dinas Pendidikan PEMKO MEDAN

Tips Parenting Remaja

Selain Raka dan Meta, dalam IG Live nanti akan ada juga Mama Shanty dan Mama Aan yang sharing bagaimana tips parenting remaja. Mulai dari internet sehat bagi remaja, pendapat tentang remaja yang suka KPOP hingga cara mendukung minat dan bakat anak.

Baca Juga : Imperfect Parenteen, Sebuah Tips Pengasuhan Remaja Ala Myra Anastasia

Penutup

Gimana? Seru banget ‘kan topik obrolan IG Live Drakor Class “Annyeonghaseo Chingudeul” ini. Jadi jangan sampai terlewat ya. Stay tuned di hari Jumat, 13 Agustus 2021 pukul 19.30 WIB. See you ….

dk

"Ibu rumah tangga yang juga berprofesi sebagai blogger dan penulis buku. Suka menulis seputar parenting dan life style. Bucinnya Jo Jong Suk 🤭"

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: